Ini Hal yang Membuat Software Procurement Laku di Pasaran

 

 

 

katalog elektronikSoftware procurement bermanfaat untuk membantu pengadaan barang dan jasa. Tentunya ini menjadi investasi penting karena memberikan manfaat bagi perusahaan. Tak heran jika banyak perusahaan yang banyak memakai software procurement.

 

  1. Kemudahan Interface

 

Semua fitur yang dimiliki oleh software procurement harus jelas. Dengan demikian semua bagian bisa menggunakan software tersebut. Bisa dibayangkan bila fitur pemakaiannya terlalu rumit tentunya akan banyak memakan waktu bagi para penggunanya. Dengan demikian, Anda harus memastikan fitur ini mudah diakses.

 

Pastikan pula bahwa vendor Anda bisa memberikan buku panduan yang jelas. Ketika ada karyawan baru misalnya, Anda tidak perlu lagi repot mengajarkan software tersebut. Kemudahan interface ini termasuk faktor penting yang wajib Anda perhatikan.

 

  1. Terhubung dengan Sistem Pembayaran

 

Proses akhir dari operasional procurement adalah pembayaran. Tentunya ini bisa dilakukan jika perusahaan Anda sudah melakukan integrasi dengan sistem accounting. Supplier juga bisa memasukkan invoice yang valid. Tentunya ini akan memudahkan Anda karena biasanya proses validasi invoice harus dilakukan tatap muka. Apalagi jika masih memakai kertas tentunya sangat tidak efisien dan efektif.

 

  1. Mudah Jika Membutuhkan Bantuan

 

Alasan adalah customer service. Tak dipungkiri terkadang teknologi mengganggu proses pekerjaan karena sedang down misalnya. Saat memilih software procurement, pastikan vendor menyiapkan fitur customer service. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan bantuan ketika sistem sedang tidak bisa digunakan.

 

  1. Pembuatan Laporan

 

Proses pengadaan barang dan jasa juga membutuhkan laporan yang baik. Apalagi proses e-Procurement sudah terdokumentasikan dengan baik dalam sistem. Tentunya pembuatan laporan akan jauh lebih mudah. Anda juga bisa melakukan analisis dengan data yang dimiliki. Dengan demikian, proses penilaian akan berlangsung lebih mudah.

 

 

 

  1. Memudahkan Pemesanan

 

Sistem dalam e-Procurement juga membantu Anda untuk melakukan proses pemesanan. Dengan sistem ini, Anda bisa memesan barang secara otomatis sesuai dengan barang yang dipesan. Coba bayangkan bila dilakukan secara manual, proses ini tentunya akan menghabiskan banyak waktu apalagi jika harus berkoordinasi dengan pihak keuangan.

 

Sederet fitur ini tentunya membantu Anda mendapatkan atau mencapai tujuan dari e-procurement ini. Ketika proses instalasi software juga sebaiknya sudah siap dipakai dengan cepat. Apalagi Anda juga bisa memakai software untuk web maupun untuk mobile. Dengan demikian, Anda bisa mengaksesnya kapan saja. Hal inilah yang menjadi prinsip penting dari software procurement.

 

Leave a Comment